sebuah blog pendidikan yang beisi tentang organisasi maupun pelajaran sekolah

Thursday, September 9, 2021

PENGERTIAN, SEJARAH DAN TEKNIK LOMPAT JAUH

PENGERTIAN, SEJARAH DAN TEKNIK LOMPAT JAUH

 A.     Pengertian Lompat Jauh

Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dari cabang olahraga atletik yang paling populer dan paling sering dilombakan dalam kompetisi kelas dunia, termasuk Olimpiade. Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.



Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat yang menggunakan tumpuan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah titik pendaratan atau bak lompat. Jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai ke batas terdekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh.

 

B.     Sejarah Lompat Jauh

Olahraga lompat jauh sudah ada sejak tahun 708 Masehi ketika ada Olimpiade Kuno di Yunani. Lompat jauh merupakan satu-satunya event lompat yang dilombakan dalam Olimpiade Kuno. Menurut catatan yang ada, olahraga lompat jauh pernah dilakukan oleh peserta Sparta dengan panjang lompatan sejauh 7,05 meter.

Pada awalnya, semua event yang diadakan dalam Olimpiade Kuno dimaksudkan sebagai bentuk latihan perang. Munculnya olahraga lompat jauh ini dipercaya untuk melatih ketangkasan para prajurit perang dalam melompati rintangan yang berbeda, seperti parit maupun jurang.

Pada masa itu, teknik dan cara lompat olahraga lompat jauh ini berbeda dengan teknik dan cara lompatan yang sekarang diterapkan. Lompatan pada zaman dahulu dibuat dalam bentuk multiple. Dalam event ini juga, para pelompat hanya diperkenankan menggunakan start lari pendek. Selain itu, para pelompat juga diharuskan berlari sambil membawa beban di kedua tangannya, yang dikenal dengan nama halteres dengan berat berkisar antara 1 sampai 4,5 kg.

Olahraga lompat jauh merupakan jenis olahraga yang juga dipertandingkan di Olimpiade Modern yang dilaksanakan pada tahun 1896 di Athena, Yunani. Teknik lompatan pada lompat jauh ini mulai diperbaiki dari hari ke hari sehingga terbentuklah teknik lompatan seperti yang sekarang diterapkan.

Amerika Serikat pernah berjaya di cabang lompat jauh pada Olimpiade yang diadakan di Meksiko pada tahun 1968 dengan catatan rekor yang dilakukan oleh Bob Beamon dengan lompatan sejauh 8,90 meter. Kemudian rekor tersebut dapat dipecahkan oleh atlet asal Amerika Serikat bernama Mike Powell dengan lompatan sejauh 8,95 meter.

 

 C.     Arena Lompat Jauh

Panjang lintasan lari hingga papan lompatan atau papan tolak pada umumnya berukuran 40-45 meter dengan lebar lintasan mencapai 1,22 meter. Sementara itu, papan lompatan memiliki panjang 1,22 meter dan lebar 20 cm dengan ketebalan 10 cm.



Di antara papan lompatan dengan bak lompat terdapat jarak sepanjang 1 meter. Sedangkan bak lompat memiliki panjang 9 meter dengan lebar 2,95 meter. Untuk lebar tempat pendaratan, jaraknya paling sedikit 2,75 meter antara garis tolakan sampai akhir tempat tolakan. Tempat pendaratan diisikan dengan pasir dimana permukaan pasir harus sama tinggi atau datar dengan sisi atas papan tolakan.

 

D.     Teknik-Teknik dalam Lompat Jauh

Ada 4 teknik yang harus dilakukan dalam melakukan olahraga lompat jauh, yaitu :

1.         Teknik Awalan

Awalan merupakan suatu gerakan dalam atletik lompat jauh yang dilakukan dengan cara lari secepat mungkin agar memperoleh kecepatan maksimal sebelum melakukan tolakan. Selain itu, awalan dalam atletik lompat jauh dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk memperoleh kecepatan horizontal maksimal yang kemudian diubah menjadi kecepatan vertikal ketika melakukan tolakan.

Jarak dari suatu awalan tergantung dari tingkat kematangan dari atlet tersebut dan kemampuan dari atlet tersebut untuk berakselerasi dengan kecepatannya sendiri. Teknik awalan harus dilakukan dengan berlari secepat mungkin dari jarak 40-45 meter pada sebuah lintasan lari.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan awalan dalam cabang atletik lompat jauh, seperti :

Ø  Jarak awalan dalam cabang atletik lompat jauh bergantung pada kemampuan atlet itu sendiri. Bagi para pelompat yang dalam jarak pendek sudah dapat mencapai kecepatan maksimal, jarak awalan cukup pendek atau dekat saja (kurang lebih 30-35 meter atau kurang dari itu). Sementara itu, bagi para atlet lompat jauh yang mencapai kecepatan maksimal dalam jarak relatif jauh, jarak awalan harus lebih jauh (kurang lebih 30-45 meter atau lebih dari itu).

Ø  Posisi ketika berdiri di titik awalan pada lompat jauh yaitu kaki posisi sejajar atau bisa juga salah satu kaki berada di depan, tergantung dari kebiasaan atlet itu sendiri. Cara pengambilan awalan dalam lompat jauh dimulai dari perlahan-lahan dan kemudian cepat (sprint). Kecepatan ini harus dipertahankan hingga sesaat sebelum melakukan tumpuan/tolakan.

Ø  Setelah mencapai kecepatan maksimal, sekitar 3-4 langkah terakhir bertumpu (take-off) gerakan lari dilepas secara spontan tanpa mengurangi kecepatan yang telah dicapai sebelumnya. Pada langkah terakhir ini, konsentrasi dan tenaga fokus untuk melakukan tumpuan di papan atau balok tumpu.

 

2.             Teknik Menumpu

Menumpu merupakan gerakan yang penting dalam lompat jauh untuk menentukan hasil lompatan yang sempurna. Dalam teknik ini, atlet melakukan tolakan pada sebuah papan atau balok tumpuan menggunakan kaki terkuat dengan mengubah kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal.

Pada saat melakukan tumpuan, posisi badan tidak boleh terlalu condong. Tumpuan juga harus kuat, cepat dan aktif. Keseimbangan badan juga harus dipertimbangkan agar tidak goyang. Gerakan ayunan lengan sangat membantu untuk menambah ketinggian serta menjaga keseimbangan tubuh.

Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam melakukan tolakan dalam lompat jauh, antara lain :

·         Tolakan dalam lompat jauh harus dilakukan dengan kaki yang kuat.

·         Bagian telapak kaki yang sangat cocok dan kuat untuk bertumpu biasanya terletak di bagian tumit terlebih dahulu dan diakhiri di bagian ujung kaki.

·         Sesaat sebelum melakukan tumpuan, usahakan badan condong ke belakang.

·         Sebaiknya bertumpulah tepat di papan tumpuan.

·         Kedua lengan ikut diayunkan ke depan atas ketika bertumpu.

·         Ayunkan kaki dan angkat ke depan sampai setinggi pinggul dengan posisi lutut ditekuk.

·          

3.         Teknik Melayang

Gerakan melayang dalam lompat jauh dilakukan setelah meninggalkan balok tumpuan. Saat melakukan gerakan melayang, keseimbangan badan harus tetap terjaga. Ayunan kedua tangan bisa membantu atlet dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Ada 2 cara dalam melakukan teknik melayang yaitu :

Ø    Dengan sikap jongkok

Dalam sikap ini, saat menumpu, kaki ayun mengangkat lutut setinggi-tingginya, lalu disusul dengan kaki tumpu. Kemudian sebelum melakukan pendaratan, kedua kaki dibawa ke depan.

Ø    Dengan sikap menggantung

Dalam sikap ini, kaki ayun dibiarkan tergantung lurus pada waktu menumpu. Tubuh diusahakan tegak, disusul oleh kaki tumpu dengan lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke depan. Lalu, kedua lengan direntangkan ke atas.

 4.         Teknik Mendarat

Dalam teknik ini, atlet harus berupaya mendarat dengan sebaik mungkin. Jangan sampai badan atau lengan jatuh ke belakang. Pendaratan pada bak lompat dimulai dengan posisi kedua tumit kaki dan kedua kaki agak rapat. Gerakan-gerakan waktu pendaratan harus dilakukan dengan kedua kaki.

Yang perlu diperhatikan saat mendarat dalam lompat jauh adalah kedua kaki mendarat secara bersamaan, diikuti dengan dorongan pinggul ke depan. Sehingga badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang dapat berakibat fatal bagi atlet itu sendiri.



 

Share:

CONTOH LAPORAN HASIL OBSERVASI LIDAH BUAYA

LAPORAN HASIL OBSERVASI LIDAH BUAYA

Lidah buaya (Aloe Vera) adalah tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Lidah buaya biasa digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknolog, manfaat tanaman llidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetik. Sebagian memanfaatkkan lidah buaya sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari sepuluh jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk di kembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.



Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain itu, lidah buaya berkhasiat sebagai antiinflamasi, antijamur, antibakterim dan membantu proses regenerasi sel (Wahyono E. Dan Kusnandar, 2002). Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, lidah buaya dapat mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kaner, serta dapat digunakan sebagai nutri pendukung untuk penderita penyakit kanker, HIV/AIDS. Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah Aloe Emodin. Aloe Emodin adalah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin. Senyawa tersebut meningkatkan laju sintetis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3 beta. Senyawa tersebut sangat berguna mengurangi risiko gula darah.

Saat ini lidah buaya telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman  kesehatan di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa. Lidah buaya mengandung semua jenis vitamin vitamin kecuali vitamin D. Mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim adalah saponin. Saponin berfungsi sebagai antimrikroba. Saponin mengandung 20 dari 22 jenis asam amino.

Dalam penggunaannya, lidah buaya dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka, mengurangi peradangan dan perbaikan pada kulit, serta peremajaan kulit. Lidah buaya juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang sereing terefleksi kulit. Dengan beragam manfaat terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakatyang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut. 

Share:

SARIKAN RIWAYAT HIDUP, ASPEK-ASPEK DAN KEISTIMEWAAN CUT NYAK DHIEN

SARIKAN RIWAYAT HIDUP, ASPEK-ASPEK DAN KEISTIMEWAAN

SARIKAN RIWAYAT HIDUP CUT NYAK DHIEN BERDASARKAN BIOGRAFI!

Cut nyak dhien lahir pada tahun 1948 di lam padang kerajaan Aceh dan meninggal di Sumedang Jawa Barat 6 November 1908 di makamkan di gunung puyuh,Sumedang. Cut nyak dhien adalah seorang pahlawan nasional Indonesia dari Aceh yang berjuang melawan Belanda.

 


CATATLAH ASPEK-ASPEK MENARIK DARI TOKOH YANG ADA DALAM BIOGRAFI TERSEBUT!

-          Cut nyak dhien adalah pahlawan nasional dari Aceh yang berjuang melawan Belanda pada masa Aceh.

-          Cut nyak dhien sangat marah dan bersumpah hendak menghacurkan Belanda

-          Nama Cut nyak dhien kini di hadirkan sebagai Bandar Udara Cut nyak dhien Nagan Raya di Meulabeh.

 

BUATKLAH SIMPULAN MENGENAI KEISTIMEWAAN CUT NYAK DHIEN BERDASARKAN ASPEK MENARIK.

-          Cut nyak dhien lahir pada tahun 1848 di Lampadang kerajaan Aceh

-          Nama Cut nyak dhien kini di abadikan sebagai Bandar Udara Cut nyak dhien Nagan Raya di Meulaboh.

 

CATATLAH SIKAP HIDUP CUT NYAK DHIEN YANG DAPAT KAMU TELADANI. BERIKAN ALASAN MENELADANI SIKAP TERSEBUT.

-          Pemberani

-          Pantang menyerah

-          Berkorban demi Indonesia

 

Alasan:

Cut nyak dhien dapat menginspirasi pemuda Indonesia untuk pemberani, pantang menyerah dan berkorban demi bangsa.

Share:

Artikel Dampak Sampah di Lingkungan Sekolah

Dampak Sampah Dilingkungan Sekolah

PENGERTIAN SAMPAH

          Sampah adalah barang yang dianggap sudah tidak terpakai dan akan dibuang oleh pemilik sebelumnya, tetapi masih bisa dipakai dengan prosedur yang benar.



JENIS-JENIS SAMPAH DI LINGKUNGAN SEKOLAH 

Berdasarkan sifatnya

a.     Sampah Organik

Sampah organik yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan dan dedaunan kering.

a.     Sampah Anorganik

Sampah anorganik yaitu sampah yang tidak mudah membusuk seperti pelastik,botol,kaleng,dll.

 

PENGELOLAAN SAMPAH DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Berdasarkan sifat nya

a.     Sampah Organik

Sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan,dedaunan kering,dll. Sampah tersebut dapat bernilai ekonomis jika diolah secara benar dan tepat,contohya pupuk.

b.     Sampah Anorganik

c.      Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk namun bernilai ekonomisjika diolah secara benar dan tepat.

Seperti :

-         Pelastik  = Dijadikan bunga plastik

-         Kertas    = Dijadikan origami

-         Botol      = Dijadikan roket air

 

 

 

EFEK SAMPAH DI LINGKUNGAN SEKOLAH

DAMPAK TERHADAP KESEHATAN

Lokasi dan pengelolaan yang kurang memadai ( pembuangan sampah yang tidak terkontrol ) merupakan tempat yang cocok bagi organisme dan menarik bagi berbagai binatang seperti lalat yang dapat menjangkitkan penyakit. Potensi bahya kesehatan yang dapat ditimbulkan sebagai berikut :

a.     Penyakit,diare,tifus,menyebar dengan cepat karena firus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat,dapat tercampur air minum. Penyakit demam berdarah juga meningkat dengan cepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai.

b.     Penyakit jamur juga dapat menyebar,misanya jamur kulit.

 

DAMPAK TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Kurangnya kesadaran siswa dalam membuang sampah pada tempatnya,membuat sampah berserakan dimana-mana dan membuat aroma yang tidak sedap dari aroma terseut kegiatan siswa dalam belajar akan terganggu.

 

KESIMPULAN

Setelah Penulis menyelesaikan laporan ini maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut :

a)     Sampah adalah brang yang dianggap sudah tidak terpakai dan dibuang oleh pemilik nya,tetapi masih bisa dipakai / dikelola oleh prosedur yang benar. Berdasarkan jenisnya sifat samph disekolah terdapat 2 yaitu : Organik (mudah membusuk) dan Anorganik (tidak mudah membusuk). Dengan kreatifitas yang tinggi sampah organik dan anorganik dapat bernilai ekonomis seperti diubah menjadi pupuk dan kerajinan.

b)    Dampak sampah bagi kesehatan penyakit diare,tifus,kolera,penyakit jamur dan bagi kegiatan belajar mengajar,terganggunya konsentrasi siswa dalam belajar karena aroma yang tidak sedap.

SARAN

a.     Cara pengendalian sampah yang paling sederhana adalah dengan menumbuhkan kesadaran dari dalam diri untuk tidak merusak lingkungan dengan sampah. Selain itu,diperlukan juga kontrol sosial budaya masyarakat dan juga bersosialisasi untuk lebih menghargai lingkungan sekolah. Peraturan yang tegas dari sekolah juga sangat diharapkan karena siswa-siswi yang membuang sampah sembarang akan jera.

b.     Sebaliknya,setiap kelas dan ruangan disekolah melakukan pembuangan sampah dengan cara memilahkan sampah sesuai jenisnya,agar pihak TPA (Tempat Pembuangan Akhir ) memilih untuk dijadikan suatu kebutuhan.

 

Share:

Postingan Terbaru

Total Pageviews

Search This Blog

Labels

Featured Post

PROPOSAL USAHA KUE BROWNIES PDF (DOC)

KATA PENGANTAR   Puji syukur kami panjatkan pada Tuhan Mang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmatn dan karunianya sehinga penulis da...

Powered by Blogger.

Pages

PROFIL