KATA PENGANTAR
Dalam penulisan
proposal ini kesulitan yang kami alami, namun dengan adanya dukunngan dari
berbagi pihak, penulis dapat menyelsaikan proposal ini dengan baik. Oleh karena
itu pada kesempatan ini penulis ingi menyampaikan ucapan erimakasih kepada
semua pihak yang membantu dalam penulisan proposal
Kami sebagai penulis menyadari bahwa
dalam penyusunan proposal ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan
saran yang bersifat membangun sangat diharapkan, dan kami berharrap bahwa
penulisan proposal ini dapat bermanfaat bagi semua.
Terbanggi
besar, 2014
Penulis
(.........................)
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .......................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN ............................................................... ii
KATA PENGANTAR........................................................................ iii
DAFTAR ISI........................................................................................ iv
BAB 1 PENDAHULUAN
a.latar belakang................................................................................. 1
b.maksud dan tujuan......................................................................... 1
c.perencanaan pasar........................................................................... 2
BAB II KEGIATAN USAHA
a.pengenalan produk......................................................................... 4
b.gambar usaha.................................................................................. 4
ü Produk
.................................................................................. 4
ü Pengemasan
.......................................................................... 5
ü Perlengkapan
usaha............................................................... 5
ü Tenaga
kerja.......................................................................... 5
ü Promosi
dan penjualan ......................................................... 5
ü Penetapan
harga.................................................................... 5
c.perencanaan biaya produksi........................................................... 5
ü Assumsi.................................................................................. 5
ü Analisis
SWOT....................................................................... 6
ü Biaya
produksi....................................................................... 7
BAB III PENUTUP
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dalam
suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan,dari yang kecil hingga yang besar dan
dari yang murah hingga yang mahal.Dalam kebutuhan sehari-hari banak sekali
aktivitas yang dijalani oleh setiap orang.Dengan aktivitas yang semakin padat
membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk
kesehatan tubuh.Makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah
beragam,tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia serta harga yang
ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
Salah
satu makanan yang cukup sederhana tetapi sangat cocok untuk menjadi makanan
konsumsi setiap saat dan sekaligus merupakan makanan yang enak dan belum
terlalu banyak ditemukan dipasaran adalah “BROWNIES MANIS”.Dengan pembuatan BROWNIES MANIS yang dilakukan dengan
cara yang sederhana,dengan harga yang terjangkau dan merupakan makanan yang
jarang sekali ditemukan dipasaran maka tentunya hal ini akan menarik minat
masyarakat untuk membelinya.Dengan hal tersebut maka saya ingin membuat makanan
“BROWNIES
MANIS” untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat mengenal
makanan yang unik.
B.
Maksud
dan Tujuan
1.
Maksud
Usaha
pembuatan produk makanan “BROWNIES MANIS”
ini dimaksudkan untuk mengenalkan makanan yang masih langka ini kepada
masyarakat sekitar,baik kalangan atas,menengah,dan bawah yang masih belum
mengenal produk ini.
2.
Tujuan
a. Untuk
mengenalkan produk baru,yaitu “ BROWNIES
MANIS” kepada masyarakat sekitar.
b. Untuk
membuka lapangan kerja bagi masarakat yang masih belum ada pekerjaan.
c. Untuk
menambah aneka macam rasa di bidang pembuatan “BROWNIES MANIS”
C.
Perencanaan
Pasar
Dalam
menentukan pasar ada beberapa hal yang harus di tentukan, yaitu:
1.
Segmen
pasar
Adalah proses pembagian
pasar menjadi kelompok yang terdiri dari banyak orang serta relatif memiliki
kebutuhan yang sama.
Segmen pasar yang saya
tentukan meliputi:
a.
Konsumen kalangan
menengah, bawah dan atas
b.
Anak-anak sampai orang
dewasa
2.
Sasaran
Pasar
Adalah pasar yang akan
dituju untuk pemasaran produk.
Sasaran pasar yang akan
saya tuju adalah:
a. Tetangga
sekitar
b. Kerabat/keluarga
c. Teman-teman
3.
Strategi
Pasar
Strategi pasar yang
akan saya lakukan, melalui:
a. Promosi
Adalah usaha
pemberitahuan baik lisan maupun tertulis
yang bertujuan untuk memasarkan produk yang akan dijual kepada konsumen untuk
memperoleh angka penjualan.Promosi yang akan dituju adalah melalui selembaran
kertas.
b. Pelayanan
Prima
Adalah pelayanan yang
akan di berikan untuk konsumen agar konsumen mendapatkan kepuasan akan produk
yang akan dijual. Caranya melayani dengan baik, ramah, dan sopan.
4.
Ketajaman
membaca peluang usaha
Setelah saya menentukan peerencanaan
pasar antara lain segmen pasar,sasaran pasar,dan strategi pasar.Maka saya akan
menjual “BROWNIES MANIS” ini dengan
harga yang terjangkau dan ekonomis agar dapat dijangkau oleh semua golongan
masyarakat.Serta saya akan selalu berusaha untuk tidak mengecewakan konsumen
dan saya akan berusaha menciptakan variasi-variasi baru lagi di bidang pembuaan
bronis,agar konsumen tidak pernah merasa bosan dengan produk yang saya jual dan
terus saya tawarkan.
BAB II
KEGIATAN
USAHA
A.
PENGENALAN
PRODUK
1.
Bahan-bahan
1.Tepung terigu
2.Gula pasir
3.Minyak sayur
4.Telor
5.Pasta
2.
Cara
Pembuatan
·
Kocok dengan mixer
Telor dan gula putih
·
Setelah telor dan gula
putihsudah mengembang,tuangkan tepung terigu dan minyak sayur lalu kocok kembali sampai rata.
·
Setelah tercampur rata
pisahlkan menjadi beberapa adonan dan tambahkan pasta sesuai selera.
·
Setelah itu cetak
dengan menggunakan cetakan yang telah disediakan.
·
Lalu oven hingga
matang.
B.GAMBARAN USAHA
1.
Produk
Saat ini penikmat nasi goreng sangat banyak, dari mulai yang membeli di pedagang sampai membuat sendiri. Maka dari itu saya menciptakan variasi rasa baru yaitu nasi goreng dengan rasa jeruk nipis. Produk ini dapat di bilang langka atau mungkin baru dipasaran. Bahkan baku pembuatan produk ini mudah di dapat di pasar-pasar tradisional dan harga bahan bak
unya tidak terlalu mahal.
2.
Penyajian
BROWNIES MANIS
ini akan dikemas menggunakan mika.
3.
Perlengkapan
usaha
Perlengkapan usaha yang
digunakan dalam menjalankan usaha ini adalah sebagai berikut :
·
Baskom
·
Mixer
·
Oven
·
Cetakan Bronis
·
Kompor Gas
4.
Tenaga
Kerja
Tenaga kerja yang dibutuhkan
untuk membuat 250 mika setiap harinya menbutuhkan 2 orang dengan gaji Rp. 600.0000,00
untuk setiap orang. Perekrutan tenaga kerja di ambil dari sanak saudara dan
orang sekitar yang memiliki kemauan dan kemampuan dalam bekerja.
5.
Promosi
dan Penjualan
Promosi dilakukan
dengan cara memasangkan spanduk yang bertuliskan nama usaha yang dijual di
depan tempat produksi dan menyebarkan brosur.Penjualannya dilakukan dengan cara
menitipkan ke toko-toko makanan.
6.
Penetapan
Harga
Harga
jual BROWNIES MANIS per mika akan
dijual dengan harga
Rp.4000
B.
PERENCANAAN
BIAYA PRODUKSI
1.
Asumsi
yang digunakan dalam analisis ini adalah sebagai berikut.
·
Masa pakai Baskom 6bln
·
Masa pakai oven 4th
·
Masa pakai cetakan
bronis 1th
·
Masa pakai kompor gas 2th
·
Masa pakai mixer 2th
2.
Analisis
SWOT
·
Strenght
(kekuatan)
BROWNIES MANIS
ini bertahan 4-6 hari dan makanannya
mudah di pasarkan.
·
Weakness
(kelemahan)
Produk tidak tahan
lama,jika terjadi kesalahan pada adonan tidak dapat bertahan lama.
·
Opportunity
(kesempatan)
Dengan promosi yang
tepat dan baik serta potongan bila pembelian
dalam jumlah besar dan
pemanfaatan kelebihan dari produk ini, pasti dapat mencapai pasar dengan baik.
·
Threats
(kelemahan)
Karena banyaknya pesaing dalam pembuatan
bronis dan makanan lainya serta ancaman peniruan terhadap resep yang saya buat,
maka saya harus memiliki ide dan inisiatif dalam menciptakan variasi-variasi
baru, agar konsumen tidak merasa bosan
dengan produk dan suasana yang ada.
1) Biaya Investasi
No |
Nama Barang |
Banyak Barang |
Harga (Rp) |
Jumlah (Rp) |
1 |
Oven |
1 |
450.000 |
450.000 |
2 |
Mixer |
1 |
300.000 |
300.000 |
3 |
Solet |
4 |
2.500 |
10.000 |
4 |
Baskom |
4 |
25.000 |
100.000 |
5 |
Kompor gas |
1 |
350.000 |
350.000 |
6 |
Lpg 12kg |
1 |
800.000 |
800.000 |
7 |
Pisau |
2 |
15.000 |
30.000 |
8 |
Serbet |
5 |
3.500 |
17.500 |
Total |
|
|
2.057.500 |
2) Biaya operasional
perbulan
a. Biaya variabel
No |
Nama Barang |
banyak kebutuhan perbulan |
Harga |
Jumlah |
1 |
Telor |
8 |
19.000 |
152.000 |
2 |
Terigu |
8 |
10.000 |
80.000 |
3 |
Minyak |
8 |
13.000 |
104.000 |
4 |
Gula |
8 |
10.000 |
80.000 |
5 |
Pasta |
4 |
6.500 |
26.000 |
Total biaya variabel perbulan |
442.000 |
|||
Biaya variabel per mika |
1768 |
b. Biaya tetap
No |
Nama Barang |
Masa Pakai (bulan) |
Banyak Barang |
Harga (Rp) |
Jumlah (Rp) |
1 |
Oven |
48 |
1 |
450.000 |
9.375 |
2 |
Mixer |
24 |
1 |
300.000 |
25.000 |
3 |
Solet |
12 |
12 |
2.500 |
833 |
4 |
Baskom |
6 |
4 |
25.000 |
16.666 |
5 |
Kompor gas |
24 |
1 |
350.000 |
14.583 |
6 |
Pisau |
6 |
2 |
15.000 |
5.000 |
7 |
Serbet |
3 |
5 |
3.500 |
5.833 |
8 |
PDAM |
100.000 |
|||
9 |
Listrik |
150.000 |
|||
10 |
Gaji |
1.200.000 |
|||
11 |
Transport |
100.000 |
|||
Total |
1.627.290 |
3) BEP (Break Even Point)
BEP =P.Q=FC+V.Q
NO |
P(Rp) |
Q |
TR(Rp) |
FC(Rp) |
TVC(Rp) |
TC(Rp) |
LABA/RUGI(Rp) |
PxQ |
Qx1768 |
FC+TVC |
TR-TC |
||||
1 |
4.000 |
20 |
80.000 |
1.627.290 |
35.360 |
1.662.650 |
-1.582.650 |
2 |
4.000 |
40 |
160.000 |
1.627.290 |
70.720 |
1.698.010 |
-1.538.010 |
3 |
4.000 |
73 |
292.000 |
1.627.290 |
129.064 |
1.756.354 |
-1.464.354 |
4 |
4.000 |
100 |
400.000 |
1.627.290 |
176.800 |
1.804.090 |
-1.404.090 |
5 |
4.000 |
1.000 |
4.000.000 |
1.627.290 |
1.768.000 |
3.395.290 |
604.710 |
6 |
4.000 |
4.000 |
16.000.000 |
1.627.290 |
7.072.000 |
8.654.290 |
7.345.710 |
7 |
4.000 |
7.500 |
30.000.000 |
1.627.290 |
13.260.000 |
14.887.290 |
15.112.710 |
4000Q=1.627.290
– 1768Q
2232Q=1.627.290
Q=73 biji/hari
BAB
III
PENUTUP
Dengan
membuat usaha ini saya bisa mendapatkan pengamalan di bidang usaha.Mengetahui
tata cara dalam berbisnis atau membuka peluang usaha .Semoga usaha yang saya
buka ini dapat berkembang dengan baik dan bisa
bersaing dengan usaha yang lainnya.Setelah melaksanakan usaha ini saa
dapat mengetahui kesimpulan sebagai berikut :
-
Seorang penjual harus
mengetahui tentang produk yang akan di buat.
-
Sebelum membuka usaha
seorang penjual harus mengetahui resiko yang akan terjadi.
-
Seorang penjual harus
mengetahui resiko yang akan terjadi sehingga dapat bersaing dengan usaha yang
lainnya dan dapat mengembangkan usaha
yang dikelola.
Dengan
demikian usaha yang dibuat dapat berkembang baik sesuai yang diharapkan oleh
setiap pelaku usaha.
0 comments:
Post a Comment