sebuah blog pendidikan yang beisi tentang organisasi maupun pelajaran sekolah

Monday, August 3, 2015

Sejarah Singkat Pramuka di Dunia

 Sejarah Kepramukaan Dunia

Pada tanggal 24 Januari 1908, gerakan Pramuka dimulai di Inggris dengan penerbitan angsuran pertama dari Pramuka Robert Baden-Powell untuk anak laki-laki. Nama Baden-Powell sudah dikenal banyak anak laki-laki Inggris, dan ribuan dari mereka bersemangat memborong buku pegangan. Pada akhir April, serialisasi Pramuka untuk anak laki-laki selesai, dan sejumlah dadakan Boy Scout pasukan bermunculan di seluruh Inggris.

Pada tahun 1900, Baden-Powell menjadi pahlawan nasional di Inggris untuk pertahanan 217-hari nya Mafeking dalam Perang Afrika Selatan. Segera setelah itu, Aids to Scouting, manual bidang militer ia telah menulis untuk tentara Inggris pada tahun 1899, tertangkap dengan khalayak yang lebih muda. Anak laki-laki menyukai pelajaran tentang pelacakan dan observasi dan terorganisir permainan rumit menggunakan buku. Mendengar ini, Baden-Powell memutuskan untuk menulis sebuah manual nonmiliter lapangan untuk remaja yang juga akan menekankan pentingnya moralitas dan perbuatan baik.
Pertama, bagaimanapun, ia memutuskan untuk mencoba beberapa ide-idenya pada kelompok yang sebenarnya anak laki-laki. Pada tanggal 25 Juli 1907, ia mengambil berbagai kelompok 21 remaja untuk Brownsea Island di Dorsetshire di mana mereka mendirikan kemah selama dua minggu. Dengan bantuan instruktur lainnya, ia mengajar anak-anak tentang berkemah, pengamatan, deduksi, kerajinan kayu, berperahu, menyelamatkan nyawa, patriotisme, dan ksatria. Banyak pelajaran tersebut dipelajari melalui permainan kreatif yang sangat populer dengan anak laki-laki. Pertemuan Pramuka pertama adalah sukses besar.
Dengan keberhasilan Pramuka untuk Boys, Baden-Powell mendirikan kantor Pramuka pusat, yang terdaftar Pramuka baru dan dirancang seragam. Pada akhir 1908, ada 60.000 Pramuka, dan pasukan mulai bermunculan di negara-negara Persemakmuran Inggris di seluruh dunia. Pada bulan September 1909, pertemuan Pramuka nasional pertama diadakan di Crystal Palace di London. Sepuluh ribu Pramuka muncul, termasuk sekelompok gadis berseragam yang menyebut diri mereka Pramuka. Pada tahun 1910, Baden-Powell menyelenggarakan Girl Guides sebagai organisasi yang terpisah.
Versi Amerika dari Pramuka memiliki itu asal-usul dalam sebuah acara yang terjadi di London pada tahun 1909. Chicago penerbit William Boyce hilang dalam kabut ketika Pramuka datang membantunya. Setelah membimbing Boyce ke tujuannya, anak itu menolak tip, menjelaskan bahwa sebagai Pramuka ia tidak akan menerima pembayaran untuk melakukan perbuatan baik. Isyarat anonim ini terinspirasi Boyce untuk menyelenggarakan berbagai organisasi pemuda US regional, khususnya India Woodcraft dan Anak-anak Daniel Boone, ke dalam Boy Scouts of America. Didirikan pada tanggal 8 Februari 1910, gerakan segera menyebar di seluruh negeri. Pada tahun 1912, Juliette Gordon Low mendirikan Pramuka of America di Savannah, Georgia.
Pada tahun 1916, Baden-Powell diselenggarakan Wolf Cubs, yang tertangkap sebagai Cub Pramuka di Amerika Serikat, untuk anak laki-laki di bawah usia 11. Empat tahun kemudian, pertama internasional Pramuka Jambore diselenggarakan di London, dan Baden-Powell itu diakui Kepala Pramuka dunia. Dia meninggal pada tahun 1941.
Baca Juga
Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Total Pageviews

Labels